Pojokinfounik.com- Mungkin tak banyak orang yang mengenal buah Loquat, maklum saja karena buah ini memang sangat jarang di temui di indonesia. Bahkan di toko-toko buah ataupun di supermarket sekalipun anda akan kesulitan mencari buah ini.

Buah Loquat atau biasa juga di sebut buah Biwa merupakan buah yang berasal dari dataran tinggi china. Buah biwa memiliki daging buah berwarna kuning ke orengan dengan rasa manis asam. Buah biwa mengandung kadar air yang cukup tinggi, selain itu aromanya juga cukup kuat dan menggugah selera.
buah loquat

Selain di china, buah biwa juga sangat familiar di jepang karena di negeri sakura ini buah biwa di budidayakan secara besar-besaran. Produksi buah Loquat atau biwa di negeri jepang sangat tinggi dan ini menjadikan jepang sebagai negara produsen buah biwa terbesar di dunia.

Lalu bagaiman dengan di indonesia...????

Di indonesia buah ini masih terbilang sulit di temui bahkan di toko-toko buah atau supermarket sekalipun. Sulitnya menemukan buah Loquat atau biwa karena tidak semua daerah di indonesia di tumbuhi pohon biwa. Pohon biwa hanya dapat tumbuh subur pada daerah dataran tinggi dan salah satunya adalah di tanah karo, Sumatera Utara. 

buah biwa
Berbeda dengan masyarakat indonesia pada umumnya yang masih asing dengan buah biwa, masyarakat karo justru mengenal baik buah ini. Di tanah karo terdapat kebun pohon biwa yang sangat luas hingga mencapai 5 hektar. Bahkan penduduk setempat juga menanam pohon biwa di halaman rumah mereka masing-masing.

Selain memiliki rasa buah yang manis dan segar, ternyata buah biwa juga kaya manfaat untuk tubuh manusia. Buah biwa mengandung Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, asam sitrat, karoten, Potasium, zat besi,  dan serat. Di china, buah ini di jadikan sebagai bahan baku untuk membuat obat batuk. Beberapa manfaat lain dari buah biwa adalah untuk menyehatkan kulit, menyehatkan usus, menjaga tekanan darah, menurunkan berat badan, menyehatkan mata dan membantu dalam proses pembentukan sel darah merah.