rudal israel

Pojokinfounik.com- Jual beli senjata merupakan ladang bisnis skala besar yang begitu menggiurkan. Dari transaksi jual beli senjata ini negara-negara yang berstatus sebagai produsen senjata mampu meraup jutaan hingga milyaran dollar. Apalagi saat ini permintaan akan senjata dan peralatan tempur lainnya semakin meningkat terutama dari kawasan atau zona perang timur tengah yang kian hari kian bergejolak. Selain itu beberapa negara lainnya juga saling unjuk kekuatan guna menjaga daerah teritorial serta sebagai pemberi sinyal kepada negara tetangga tetang kekuatan militer yang mereka miliki.

Meskipun mampu memberikan keuntungan yang super wah, namun nyatanya tidak semua negara mampu menjadi produsen yang memasok senjata ke berbagai penjuru dunia. Hanya ada beberapa negara saja yang berstatus sebagai produsen senjata, khususnya negara-negara maju yang telah memiliki peralatan berteknologi tinggi untuk memproduksi senjata kelas ringan hingga kelas berat.

Berikut 5 negara pemasok senjata terbesar di dunia yang ada saat ini :

5. Jerman

Di urutan ke 5 ada jerman sebagai produsen senjata yang memasok peralatan tempur ke berbagai negara di dunia. Senjata dan peratan tempur produksi jerman di pasok ke negara-negara anggota NATO, beberapa negara eropa dan Timur tengah. Israel dan Yunani merupakan konsumen terbesar dari peralatan tempur buatan jerman. Tank, kapal selam dan senjata laras panjang adalah beberapa alat utama sistem persenjataan yang di boyong ke tanah israel dan yunani.

Dari penjualan kapal perang pemburu , kapal selam, panser, dan senjata ringan lainnya, Jerman mampu meraup banyak keuntungan. Pada tahun 2015 saja, industri peralatan tempur jerman dapat mengantongi keuntungan kurang lebih 8 Milyar Euro atau setara 114 Triliun Rupiah.

4. Prancis

Di  posisi ke 4 ada Prancis yang mengukuhkan diri sebagai negara pemasok senjata ke berbagai negara di dunia. Melalui perusahaan persenjataanya, Prancis mampu menciptakan aneka jenis senjata dan peralatan tempur canggih. Pabrik pembuatan senjata yang cukup besar dan terkenal di prancis adalah Thales. Thales memproduksi berbagai senjata hingga kapal perang induk yang di lengkapi dengan pengendalian peluncuran rudal.

3. China

China di kenal memiliki armada militer yang cukup menakutkan dan bisa di kelompokan ke dalam negara-negara dengan peralatan tempur super canggih. Selain aktif membeli persenjataan dari rusia, ternyata china juga rutin memproduksi peralatan militer di dalam negeri.

Peratalan tempur produksi china biasanya di jual ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Beberapa tahun terakhir china mampu berperan aktif dalam hiruk pikuk perdagangan senjata internasional. Negara ini menyumbang sekitar 6% dari perdagangan senjata global.

2. Rusia

Rusia berada di peringkat kedua sebagai negara pemasok senjata terbesar di dunia. Rusia memasok seperempat dari ekspor senjata dunia. Banyak negara yang menjadi konsumen peralatan militer yang di produksi rusia dan salah satunya indonesia. Namun yang menjadi konsumen terbesar dari senjata rusia adalah china dan india. Rusia mampu memproduksi senjata-senjata kelas ringan hingga kelas berat. Perusahaan peralatan tempur terbesar di rusia adalah United Aircraft Corporation (UAC). United Aircraft Corporation (UAC) memproduksi salah satu  jet tempur terbaik di dunia yakni Sukhoi.

1. Amerika Serikat

Adapun jawara produsen senjata terbesar nomor 1 di dunia adalah Amerika serikat. Adanya Amerika Serikat di peringkat 1 dunia mengenai urusan penjualan senjata bukanlah hal yang mengejutkan karena 6 dari 8 perusahaan persenjataan terbesar di dunia berada di Amerika. Tercatat dari tahun 2011 hingga 2015, Amerika mampu memasok sepertiga dari ekspor senjata global.

Amerika mampu memproduksi banyak persenjataan baik di peruntukan bagi pasukan militernya dan juga untuk beberapa negara lain yang membutuhkan alat sistem persenjataan modern super canggih. Tercatat ada sekitar 6 perusahaan senjata terbesar di dunia yang berbasis di amerika, diantaranya Perusahaan Senjata United Technologies Corporation, General Dynamics, Northrop Grumman, Raytheon, Boeing dan Lockheed Martin,

Dari perusahaan-perusahaan senjatanya ini terciptalah peralatan-peralatan tempur yang luar biasa canggih dan menakutkan sebut saja rudal Stinger, rudal jelajah Tomahawk, stealth bomber B-2 Spirit, sistem rudal Patriot permukaan-ke-udara, Tank M1 Abrams (tank tempur generasi ketiga yang menjadi tank utama dari Angkatan Darat dan Korps Marinir AS), helikopter serangan AH-64 Apache dan F-18 Super Hornet, C-130 Hercules, C-5 Galaxy, F-16 Fighting Falcon, F-22 Raptor, Pesawat tempur siluman generasi kelima F-35 Lightening II dan kapal perang induk.