InfoUnik- Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang melimpah baik itu kekayaan hayati maupun non hayati. Untuk kekayaan hayati, para peneliti menemukan bahwa ikan terkecil didunia ternyata hidup di indonesia tepatnya di pulau sumatera. Hasil penelitian ini tentu mengejutkan dan sekaligus menjadi kebanggaan sebab dari luasnya hamparan air di bumi, ternyata ikan terkecil justru hidup di indonesia.
Paedocypris progenetica
Adalah Paedocypris progenetica yang menjadi ikan yang memiliki ukuran tubuh terkecil di dunia. Paedocypris progenetica merupakan jenis ikan air tawar yang hidup di rawa gambut di pulau sumatera. Meskipun telah berumur dewasa, namun ikan ini hanya memiliki ukuran panjang tubuh 7,9 milimeter untuk ikan jenis kelamin betina dan 9,8 milimeter untuk ikan jenis kelamin jantan. Karena ukuran tubuhnya yang memang kecil sehingga jenis ikan ini terkadang sulit terlihat.
Ukuran Paedocypris progenetica Yang Super Kecil
Secara fisik ikan Paedocypris progenetica memilik tubuh yang hampir transparan dan pada bagian kepala tidak terlindungi oleh tengkorak kepala. Ikan Paedocypris progenetica ini tergolong ikan yang memiliki sedikit keturunan hal ini disebabkan karena ketika bertelur jumlah indung telur pada ikan betina memiliki jumlah yang tak banyak layaknya ikan ikan air tawar lainnya. Untuk makan, ikan ini mengkonsumsi aneka mahluk air yang berukuran sangat kecil seperti plankton.
Meskipun memiliki ukuran tubuh yang super kecil, namun jangan sesekali meremehkan ikan ini. ikan Paedocypris progenetica memiliki daya tahan tubuh yang luar biasa yang mampu bertahan di saat musim kering. Di saat musim kering ikan Paedocypris progenetica mampu bertahan dengan cara memasukkan tubuh pada genangan lumpur yang minim air. Selain itu keistimewaan ikan ini yaitu mampu bertahan di kondisi air yang memiliki tingkat keasaman tinggi bahkan di air yang memiliki tingkat keasamaan 100 kali lebih asam dari air hujan.