InfoUnik- Jengkol merupakan salah satu makanan yang terkenal dengan aromanya yang khas dan menyengat. Meskipun mengeluarkan aroma yang menyengat, toh tetap saja jengkol menjadi primadona banyak orang. Bagi penggemarnya jengkol merupakan makanan yang lezat yang mampu meningkatkan selera makan. Sebelum di santap, jengkol dapat di olah menjadi aneka menu masakan seperti jengkol balado, semur jengkol, jengkol sambal teri dan lain-lain. Secara umum jengkol di santap dengan di temani nasi. Namun apa jadinya jika jengkol disantap tanpa nasi dan di jadikan cemilan sembari menemani waktu santai??.
Cemilan Jengkol
Jengkol di jadikan cemilan merupakan sesuatu yang unik dan terdengar aneh. Karena memang selama ini yang kita ketahui jengkol di kenal sebagai lauk ketika makan nasi. Namun fakta yang ada di banjarmasin bahwa jengkol sangat di gemari penduduk setempat dan jadikan cemilan lezat layaknya sedang menyantap kentang goreng. Jengkol di santap begitu saja tanpa menggunakan nasi sebagai pelengkap. Agar lebih terasa nikmat, jengkol ini di santap dengan cocolan saus yang terbuat dari santan kelapa.
Proses Perebusan Jengkol
Untuk membuat jengkol sebagai cemilan yaitu dengan cara merebus jengkol yang telah di kupas selama kurang lebih 3 jam. Agar aroma jengkol tidak terlalu menyengat maka pada saat merebus di beri campuran berupa daun pandan. Jengkol yang telah melalui perebusan selama 3 jam lalu di pipihkan sedikit dengan cara di pukul-pukul menggunakan kayu ataupun batu giling. Namun dalam proses ini sebisa mungkin tidak memukul terlalu keras sehingga jengkol tidak hancur.
Proses Pembuatan Tahilala
Jengkol Di Santap Dengan Saus Santan (tahilala)

Sebagai teman makan cemilan jengkol adalah saus yang terbuat dari santan yang dinamakan dengan tahilala. Tahilala di buat dengan cara merebus santan beberapa jam di dalam kuali besar hingga menghasilkan busa. Dan busa inilah yang digunakan sebagai saus yang dipakai untuk menyantap jengkol. Agar lebih berasa biasanya tahilala di beri campuran garam ataupun gula. Bila penasaran bagaimana gregetnya ketika menyantap jengkol sebagai cemilan, anda dapat membuatnya sendiri dirumah. Karena prosesnya yang mudah tentu hal ini bukanlah suatu kendala bagi anda pencinta jengkol sejati.