InfoUnik- Pernahkah terlintas di pikiran anda mengenai adanya sawah di dalam sebuah gedung perkantoran?.Hmm mungkin kebanyakan orang tidak akan pernah membayangkan hal ini karena memang mustahil untuk membangun sawah di dalam ruangan perkantoran. Namun nyatanya sawah di dalam ruangan perkantoran itu benar-benar ada dan bukan sekedar sebuah khayalan.
Pasona O2
Di jepang, tepatnya di kota Tokyo ada sebuah gedung kantor bernama Pasona O2. Gedung kantor ini benar-benar unik dan berbeda dari gedung-gedung kantor lainnya yang ada didunia. Pada lantai dasar Pasona O2 terdapat hamparan sawah yang di tumbuhi hijaunya tanaman padi yang berjejer rapi. Karena keunikan ini diijamin setiap mata yang memandang area kantor ini akan berdecak kagum atas apa yang dilihat. Selain hijaunya hamparan sawah, Pasona O2 juga di lengkapi ruangan-ruangan lainnya dimana ruangan-ruangan ini ditanami aneka tumbuhan seperti tomat, selada, melon dan aneka buah-buahan serta sayur-sayuran segar.
Pasona O2
Karena keunikan ini mungkin banyak yang bertanya-tanya sebenarnya kantor apakah Pasona O2 ini. Pasona O2 merupakan sebuah kantor yang didirikan bagi warga jepang, khususnya untuk kaula muda yang sulit mendapatkan pekerjaan. Selain itu Pasona O2 juga di peruntukan bagi orang-orang malas yang ada di jepang. Melalui Pasona O2, orang-orang ini diberi pelatihan bercocok tanam secara modern sehingga kedepannya melalui pelatihan ini lahirlah SDM yang berkualitas yang mampu bersaing.
Pasona O2
Pasona O2
Pasona O2
Tumbuh-tumbuhan di dalam gedung ini dapat tumbuh subur walau tanpa sinar matahari sedikitpun. Hal ini di karenakan di dalam gedung telah terpasang seperangkat teknologi yang membuat tanaman mampu tumbuh di dalam ruangan. Di dalam ruangan terdapat cahaya buatan dari dioda pemancar cahaya, lampu halida logam, dan tekanan tinggi lampu sodium uap. Selain itu suhu ruangan dikontrol oleh komputer sehingga temperatur tetap terjaga.