muntahan ikan  paus

Pojokinfounik.com- Jika membicarakan tentang muntah maka salah satu hal yang terbesit di pikiran kita adalah keluarnya makanan bercampur cairan dari dalam lambung dengan aroma yang mungkin sedikit tidak sedap. Bagi banyak orang melihat muntah adalah sesuatu yang sangat menjijikan belum lagi mencium aromanya, bisa-bisa perut akan menjadi mual dan turut muntah.

Namun tahukah anda bahwa ada muntah yang laku di jual, bahkan harga jualnya sangat tinggi yakni lebih dari $10.000 per kg atau jika di rupiahkan kurang lebih Rp 130.000.000 per kg. Bagi banyak orang mendengar muntahan yang laku di jual mungkin terkesan sebagai lelucon yang mengada-ngada, namun hal ini adalah sebuah fakta yang benar adanya.

Adapun muntahan yang laku di jual ini bukanlah muntahan manusia melainkan muntahan dari seekor hewan laut yaitu ikan paus. Di luar negeri muntahan ikan paus lebih di kenal dengan sebutan “Ambergris”. Ambergris banyak di buru karena berharga super mahal dan tak heran banyak yang menjulukinya sebagai emas mengambang.

Lalu apa kegunaan dari Ambergris dan mengapa bisa di hargai sangat mahal. Ambergris berfungsi sebagai bahan campuran pembuatan parfum terutama parfum-parfum ternama. Dengan mencampur ambergris dalam proses pembuatan parfum menjadikan parfum memiliki aroma yang lebih tajam dan tahan lama. Tingginya harga jual ambergris karena benda ini sangat langka dan sulit di temukan, kalaupun berhasil menemukannya maka itu adalah sebuah keberuntungan. Salah satu orang beruntung yang pernah menemukan ambirgus adalah Ken Wilman yang berasal dari inggris. Pada tahun 2013 lalu ia berjalan di pinggiran pantai dan menemukan bongkahan ambergris yang cukup besar. Ambergris yang di milikinya lalu di tawar oleh perusahaan parfum swiss seharga 1 miliar lebih.

Ambergris biasa mengapung di lautan lepas selama bertahun-tahun dan tak jarang juga di temukan di sepanjang pinggiran pantai. Bentuk fisiknya hampir mirip seperti batu namun memiliki aroma yang kuat. Oleh sebab itu bagi orang awam yang melihatnya terkadang sulit membedakan antara ambergris dan batu.

Warna ambergris bervariasi dari hitam, coklat gelap, cokelat muda sampai kuning / emas atau bahkan abu-abu. Di internet ada beberapa situs khusus jual beli ambergris. Bila anda menemukan ambergris dapat langsung menjualnya melalui internet dengan cara mengisi beberapa formulir yang tersedia dan mengupload beberapa foto ambergris ke situs tersebut untuk di teliti dan di tentukan harga yang pantas.