ikan pacu
Pojokinfounik.com- Membahas mengenai keunikan hewan seakan tak ada habisnya, selalu saja ada  hal-hal menarik dari mahluk yang satu ini. Pada artikel sebelumnya ada Burung hud-hud yang memiliki keunikan dimana burung ini akan menembakan kotorannya ke mata musuh pada saat merasa terancam, maka untuk kali ini info unik datang dari mahluk air bernama ikan pacu.

Nama ikan pacu mungkin masih terdengar asing, maklum saja jenis ikan ini bukanlah spesies asli indonesia. Ikan ini berasal dari perairan di amerika selatan dan menjadi penghuni sungai amazon. Saat ini ikan pacu mulai naik daun dan di perbincangkan banyak netizen sebab memiliki beberapa keunikan. Salah satu keunikan ikan pacu terletak pada giginya, dimana gigi ikan pacu sangat mirip dengan gigi manusia.

Ikan pacu dapat di temukan di sepanjang aliran sungai amazon. Ikan ini mampu hidup selama 20 tahun dengan berat bisa mencapai lebih dari 19 kg. Bila di perhatikan, bentuk ikan pacu hampir mirip dengan ikan piranha, bedanya ikan pacu mampu tumbuh lebih besar sedangkan piranha tidak. Selain itu ikan piranha memiliki gigi sangat tajam sedangkan ikan pacu memiliki gigi yang lebih mirip dengan gigi manusia.
ikan pacu
Namun begitu kedua ikan ini memiliki kekerabatan yang cukup dekat. Bahkan ikan pacu berusia muda sering di temukan berbaur di dalam kelompok ikan piranha. Bergabungnya ikan pacu kedalam kelompok ikan piranha di sebabkan karena ikan pacu mencari perlindungan dari predator yang mengancam nyawanya. Seperti di ketahui bahwa ikan piranha memang sangat di takuti oleh hewan air lainnya sebab ikan ini terkenal dengan kebuasannya dalam memangsa aneka mahluk di dalam air. Ikan pacu akan keluar dari kelompok ikan piranha di saat mereka telah dewasa dan merasa bisa melindungi dirinya sendiri.


Ikan pacu adalah pemakan tumbuh-tumbuhan air dan tak jarang juga memangsa ikan-ikan kecil akan tetapi tidak seganas piranha. Meskipun tidak seseram piranha namun di negara asalnya ikan ini pernah di isukan suka menggigit testis pria dan menjadikan orang-orang takut untuk berenang di sungai. Akan tetapi beberapa peneliti mencoba membantah kabar ini sebab mereka berpendapat bahwa ikan pacu adalah ikan yang takut dengan manusia. Ikan ini akan berusaha menghindar di saat berjumpa manusia. Bentuk gigi ikan pacu juga bukanlah jenis gigi tajam yang dapat melukai layaknya ikan piranha.