Pojokinfounik.com- Burung heron mungkin tidak terlalu di kenal banyak orang, namun begitu burung ini merupakan burung pintar yang pasti membuat banyak orang terkagum pada sosoknya. Burung heron bisa di katakan sebagai sejenis burung bangau yang biasanya di jumpai di indonesia dengan makanan utamanya berupa ikan. Burung ini dapat di jumpai di daerah asia, sudan, senegal dan beberapa daerah afrika timur. Saat ini populasi burung heron mulai berkurang yang membuatnya tergolong dalam hewan langka.

Di daerah afrika, burung heron di kenal sebagai hewan yang cerdik. Anda pasti akan heran dengan burung heron, bagaimana tidak burung ini mempunyai tingkah laku unik yang cenderung cerdik ketika berburu mangsanya berupa ikan.

Ketika berburu ikan burung heron akan mencari tempat yang panas terkena terik sinar matahari. Lalu di tempat itu burung heron akan berdiri menjadi patung sembari membuka lebar sayapnya. Selanjutnya Ikan-ikan akan datang berteduh di bawah burung heron dan saat itulah dalam sekejap ikan yang berenang di bawah burung heron langsung di sergap. Burung heron tak perlu bersusah payah mengejar-ngejar ikan karena ikan-ikan akan datang dengan sendirinya.
burung heron unik
Tak hanya sampai di situ, di jepang ada cara unik lain yang di lakukan burung heron untuk memancing ikan. Di taman umum jepang pernah terlihat burung heron memunguti roti-roti yang terjatuh di tanah, dan selanjutnya roti-roti tersebut di tebarkan ke air seolah-olah sedang memberi makan ikan. Ikan yang bermunculan ke permukaan untuk mengambil roti langsung di sergap secara cepat oleh burung heron. Usut punya usut ternyata tingkah unik burung heron ini ada akibat sering melihat orang-orang yang berkunjung ke taman dan memberi makanan ke ikan dengan cara menaburkan potongan roti.

Cara terakhir burung heron untuk memancing ikan adalah dengan menggoyang-goyangkan kakinya di permukaan air. Burung heron memiliki sepasang kaki dengan telapak kaki berwarna kuning cerah. Warna telapak kakinya yang cerah inilah yang bila di goyang-goyangkan di permukaan air akan mampu menarik perhatian ikan sehingga tertarik mendekat. Selanjutnya tak perlu di tanya lagi, ssssstttt dengan sekejap ikan yang mendekat akan berpindah ke paruh burung cerdik ini.