Pojokinfounik.com- Kaviar merupakan salah satu jenis makanan termahal di dunia dan makanan yang satu ini hanya menjadi bahan konsumsi kalangan atas saja yang memang memiliki uang berlimpah. Bagaimana tidak, harga kaviar ini saja begitu fantastis yang pasti membuat semua orang yang mendengarnya akan geleng-geleng kepala. Harga kaviar sangatlah mahal yakni Rp 53.000.000 perkilogram, bahkan untuk jenis kaviar tertentu seperti kaviar ikan Sturgeon albino yang berasal dari australia harganya bisa mencapai Rp 1,4 Milliar per kg. Hmmmm luar biasa bukan !!!

Lalu apa yang membuat jenis makanan yang satu ini memiliki harga begitu tinggi dan tergolong sebagai makanan termahal di dunia ?
harga telur kaviar
Kaviar merupakan makanan yang terbuat dari telur ikan tertentu. Kaviar telah lama menjadi sumber makanan bagi masyarakat kalangan atas di dunia. Semakin hari harga kaviar semakin tinggi, hal ini di sebabkan karena sulitnya mendapatkan kaviar. Kaviar bersumber dari jenis ikan tertentu yang di temui di air tawar dan air asin, umumnya adalah  ikan Sturgeon. Jenis ikan ini mulai langka dan jumlahnya kian hari kian menurun drastis. Belum lagi waktu bertelur ikan ini yang cukup lama. Ikan sturgeon membutuhkan waktu sekitar 20 tahun lebih untuk mencapai umur dewasa, setelah itu barulah ikan sturgeon dapat menghasilkan telur.

Proses untuk mendapatkan telur kaviar juga terbilang cukup rumit. Telur ini di dapat dari seekor ikan betina besar berdaging putih yang telah mencapai umur lebih 20 tahun. Telur-telur tersebut dipanen dari ovarium, lalu melewati proses penyaringan yang halus sehingga telur tersebut terpisah dari cairan, lemak, dan membran. Proses ini tidak boleh di lakukan sembarangan dan ikan harus mati secara tenang. Apabila ikan sturgeon mati dalam keadaan terancam dan stress maka ikan ini akan mengeluarkan zat asam yang dapat merusak kualitas kaviar. Proses ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit sehingga juga menjadi faktor penentu mahalnya harga kaviar. Pada 1 sendok makan kaviar mengandung cukup tinggi Kalori, Lemak, Karbohidrat, Serat, Protein, Natrium, Kolesterol.

Berikut gambar atau foto penampakan ikan sturgeon penghasil kaviar yang merupakan salah satu jenis makanan termahal di dunia.
ikan sturgeon
Baca juga kumpulan berita seru dan unik lainnya hanya di www.pojokinfounik.com