Pojokinfounik.com- Memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan aneka lomba merupakan suatu tradisi turun temurun antar generasi yang selalu di laksanakan setiap tahunnya. Mengadakan lomba di hari jadinya bangsa ini seolah-olah merupakan menu wajib yang mesti selalu disajikan. Bahkan sebaliknya jika hari kemerdekan tanpa di bumbui dengan beragam lomba membuat hari besar dalam sejarah RI ini terasa hambar dan kurang berkesan.

Melihat pentingnya peran lomba di kala hari kemerdekaan membuat banyak kelompok masyarakat yang tergabung dalam rukun tetangga sebisa mungkin untuk mengadakan aneka lomba seru. Bila menilik yang sudah-sudah pada tahun sebelumnya, tentu banyak sekali jenis lomba agustusan yang kreatif, seru dan unik. Nah bagi anda yang sedang mencari inspirasi tentang lomba apa yang akan di selenggarakan pada 17 agustus nanti, maka pada kesempatan kali ini Pojokinfounik.com akan membagikan info tentang beberapa lomba 17 agustus terbaik yang pastinya seru dan unik. Berikut 5 perlombaan seru untuk merayakan 17 agustus :


Lomba 17 Agustus Panjat Pisang

Perlombaan agustusan seru dan unik yang pertama adalah lomba panjat pisang. Sekilas perlombaan ini sama seperti lomba panjat pinang yang merupakan ikon dari semua perlombaan pada hari kemerdekaan Indonesia. Hanya saja pada lomba panjat pisang media pohon yang di gunakan adalah batang pisang. Penggunaan batang pisang dapat menjadi alternatif sebagai pengganti batang pinang jikalau di lingkungan tempat anda tinggal sulit menemui batang pinang.

Selain murah, batang pisang juga terbilang aman karena memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi. Secara teknis penggunaan batang pisang bisa dengan cara di tanam ataupun di gantung. Pohon pisang yang di gantung pada umumnya di gunakan untuk anak-anak dengan bobot badan yang lebih ringan.

Untuk satu regu panjat pisang anak-anak berisi 3 orang dan untuk panjat pisang orang dewasa hanya 1 orang untuk satu batang. Lumurilah batang dengan pelicin seperti air ataupun sabun sehingga para peserta kesulitan untuk memanjat pohon. Mengenai hadiah yang di gantung kurang lebih sama seperti panjang pinang antara lain aneka makanan dan minuman, baju, uang, perabotan rumah tangga dan lain-lain.

Lomba 17 Agustus Mendandani Pasangan Dengan Mata Tertutup (Makeup Wajah)

Lomba untuk memeriahkan kemerdekaan indonesia selanjutnya adalah lomba mendandani pasangan dengan mata tertutup. Lomba seru  ini biasanya di peruntukan bagi bapak-bapak dan ibu-ibu. Hal-hal yang perlu di persiapkan untuk lomba ini adalah alat-alat hias seperti bedak dan lipstik serta kain untuk penutup mata. 

Yang bertugas untuk menghias adalah kaum wanita atau ibu-ibu sedangkan yang menjadi objek untuk di hias adalah bapak-bapak. Keseruan lomba ini terletak dari kesulitan menghias wajah sembari mata di tutup. Tak heran hasil dari lomba makeup wajah yang di lakukan ini terkadang selalu mengudang gelak tawa penonton karena muka para pria yang di dandani menjadi sangat lucu bin hancur akibat dari proses make up tanpa melihat.

Lomba 17 Agustus Bola Sarung Plus Joget
lomba 17 agustus

Mungkin lomba bermain bola menggunakan sarung sembari berjoget telah biasa anda lihat dan kerap di lakukan di banyak tempat ketika 17 agustusan. Namun begitu tetap saja perlombaan ini tidak membosankan dan selalu di minati banyak orang. 

Pada perlombaan bermain bola menggunakan sarung di bagi beberapa kelompok atau tim. 1 tim bisa berisi 4 hingga 5 orang peserta. 1 orang sebagai kiper dan yang lainnya bertugas untuk menjebol gawang lawan.

Hal yang harus di persiapkan untuk bermain bola sarung plus joget antara lain : lapangan bola ukuran kecil atau bisa juga memanfaatkan lapangan voli atau bulutangkis,sarung untuk peserta lomba, speaker untuk menyetel musik dan 1 orang sebagai wasit.

Bermain bola menggunakan sarung sangatlah seru, unik dan mengundang gelak tawa. Dalam proses permainannya 2 tim yang sedang bertanding harus berusaha untuk menjebol gawang lawan sebanyak-banyaknya. Selama pertandingan jikalau musik hidup maka setiap pemain wajib bergoyang ataupun berjoget semenarik mungkin dan ketika musik berhenti para pemain kembali lanjut mengejar bola. 

Lomba Agustusan Menggiring Bola Menggunakan Ubi

Lomba kreatif selanjutnya adalah lomba menggiring bola menggunakan ubi. Hal yang perlu di persiapkan untuk lomba ini antara lain bola pelastik, tali dan ubi (atau juga bisa di ganti dengan benda lain seperti botol di isi air, terong, pepaya ukuran kecil, dll)

Adapaun cara melakukan perlombaan ini dengan menggantung ubi menggunakan tali yang terikat pada pinggang para peserta. Selanjutnya para peserta wajib menggiring bola menggunakan ubi tersebut hingga sampai garis finis yang telah di tentukan. Lomba ini sangat seru karena mampu mempertontonkan aneka aksi kocak para peserta yang kesulitan menggiring bola menggunakan ubi yang di gantung

lomba 17 agustus

Lomba Lari Karung Versi Mundur

Salah satu lomba yang selalu di mainkan pada saat 17 agustusan adalah lomba lari karung atau balap karung. Karena selalu di adakan setiap tahun membuat lomba balap karung terlihat membosankan dan kurang menarik. Untuk itu perlu membuat variasi agar lomba karung lebih seru dan berbeda dari yang pernah ada. Salah satu variasi dalam perlombaan lari karung adalah dengan melakukan lomba karung versi mundur. Dimana dalam perlombaan ini para peserta harus melompat mundur dan bukan maju seperti yang sudah-sudah.

Agar semakin seru, anda dapat menambah kemeriahan dengan aneka lomba lainnya seperti lomba makan kerupuk, lomba membawa kelereng menggunakan sendok, lomba menangkap ikan di empang, lomba memasukan belut dalam botol, lomba pukul bantal di tengah kolam, lomba mengambil koin pada pepaya, lomba memasukan benang ke dalam jarum dan masih banyak lagi lomba lainnya.